Contoh Lembar Observasi PTK dengan Pembelajaran STAD

Dalam pelaksanaan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) salah satu langkah pentingnya adalah pelaksanaan tindakan yang dilaksankan secara sinergis dengan pengamatan. Untuk dapat melakukan pengamatan secara terarah, juga dalam rangka pengumpulan data penelitian, diperlukan sebuah instrumen pengumpulan data yang tepat. Salah satu instrumen yang sering digunakan dalam pelaksanaan PTK adalah lembar observasi. Format lembar observasi sendiri bisa sangat bervariasi, namun satu hal yang perlu menjadi pertimbangan dalam membuat lembar observasi adalah data-data apa sajakah yang ingin dikumpulkan, juga sintaks pembelajaran yang dilaksanakan/diteliti. Jika Anda melakukan PTK mengenai pembelajaran kooperatif tipe STAD, lembar observasi yang Anda buat juga harus bisa merekam langkah-demi langkah pembelajaran dengan STAD. Berikut ini adalah contoh format lembar observasi pada pembelajaran dengan metode STAD
Format Pengamatan Kegiatan Pembelajaran

Hari/Tanggal         :  ....................................................................
Tema/ Sub tema     :  ....................................................................
Kelas / Semester   :  ...............................................................

Aspek yang Diamati
Ya
Tidak
Catatan
Kegiatan Pendahuluan



Apersepsi dan Motivasi



1
Menyiapkan kondisi   fisik dan psikis peserta didik dengan menyapa dan menguc apkan salam



2
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dipelajari dengan pengalaman peserta didik atau materi pembelajaran sebelumnya.



3
Mengajukan pertanyaan menantang untuk membangkitkan memotivasi siswa



4
Menyampaikan manfaat materi yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari



5
Mendemonstrasikan sesuatu yang berkaitan dengan materi pembelajaran



Penyampaian kompetensi dan rencana kegiatan/pembelajaran



1
Menyampaikan kemampuan yang diharapkan dapat dicapai peserta didik



2
Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, pembelajaran individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.



Kegiatan Inti



Penguasaan materi pembelajaran



1
Kemampuan menyesuaikan materi pembelajaran dengan tujuan.



2
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan yang relevan, keterkaitan dengan perkembangan IPTEK , dan kehidupan nyata.



3
Menyajikan pembahasan materi pembelajaran secara tepat.



4
Menyajikan materi dengan   sistematis (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)



Penerapan strategi pembelajaran yang mendidik



1
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran



2
Melaksanakan pembelajaran secara runtut, tidak meloncat-loncat



3
Menguasai kelas dengan baik



4
Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam mengajukan pertanyaan-pertanyaan



5
Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam mengemukakan pendapat/ide



6
Melaksanakan pembelajaran yang mengembangkan
ketrampilan yang sesuai dengan materi ajar



7
Melaksanakan pembelajaran yang kontekstual



8
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan dan sikap yang positif (nurturant effect)



9
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang telah direncanakan



Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD



1
Guru membentuk kelompok yang heterogen dengan anggota 4 atau 5 orang 



2
Guru menyajikan pelajaran



3
Guru memberi tugas kepada kelompok. Anggotanya yang sudah mengerti dapat menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu menguasai materi pelajaran




4
Guru memberi kuis/pertanyaan (tugas individu) kepada seluruh siswa.



5
Guru memberikan penghargaan kelompok.



6
Guru melaksanakan kegiatan penutup.



Pemanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran



1
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar yang beragam/bervariasi



2
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran yang sesuai



3
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran



4
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran



5
Menghasilkan pesan yang menarik



Pelaksanaan Penilaian Autentik



1
Melaksanakan penilaian sikap pada peserta didik



2
Melaksanakan penilaian pengetahuan sikap pada peserta didik



3
Melaksanakan Penilaian ketrampilan sikap pada peserta didik



4
Menggunakan teknik dan instrumen yang sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi



5
Ada kesesuaian antara bentuk dan teknik instrumen penilaian autentik.



6
Ketersediaan pedoman penskoran/penilaian



Pelibatan peserta didik dalam pembelajaran



1
Memfasilitasi  timbulnya interaksi guru, peserta didik, sumber belajar untuk menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik



2
Memberikan respon positif atas partisipasi peserta didik



3
Menunjukkan sikap yang terbuka terhadap respon peserta didik



4
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang  baik dan kondusif



5
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme peserta didik dalam belajar



Penggunaan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran



1
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar



2
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar



Kegiatan Penutup



Penutup pembelajaran



1
Menfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk
merangkum materi pelajaran



2
Menfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk merefleksi proses dan materi pelajaran



3
Memberikan tes lisan atau tulisan



4
Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio



5
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan



JUMLAH





Pedoman penskoran:
Prosentase Aspek yang Terpenuhi (%)
Kategori
< 70
Kurang
71-80
Cukup
81-90
Baik
91-100
Amat baik


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Model-model Penelitian Tindakan Kelas

Meningkatkan Pengajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas