Contoh Lembar Observasi PTK dengan Pembelajaran STAD
Dalam pelaksanaan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) salah satu langkah pentingnya adalah pelaksanaan tindakan yang dilaksankan secara sinergis dengan pengamatan. Untuk dapat melakukan pengamatan secara terarah, juga dalam rangka pengumpulan data penelitian, diperlukan sebuah instrumen pengumpulan data yang tepat. Salah satu instrumen yang sering digunakan dalam pelaksanaan PTK adalah lembar observasi. Format lembar observasi sendiri bisa sangat bervariasi, namun satu hal yang perlu menjadi pertimbangan dalam membuat lembar observasi adalah data-data apa sajakah yang ingin dikumpulkan, juga sintaks pembelajaran yang dilaksanakan/diteliti. Jika Anda melakukan PTK mengenai pembelajaran kooperatif tipe STAD, lembar observasi yang Anda buat juga harus bisa merekam langkah-demi langkah pembelajaran dengan STAD. Berikut ini adalah contoh format lembar observasi pada pembelajaran dengan metode STAD
Format Pengamatan Kegiatan Pembelajaran
Hari/Tanggal : ....................................................................
Tema/ Sub tema : ....................................................................
Kelas / Semester : ...............................................................
Aspek yang Diamati
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
|
Kegiatan Pendahuluan
|
||||
Apersepsi dan Motivasi
|
||||
1
|
Menyiapkan kondisi fisik dan psikis peserta didik dengan menyapa dan menguc apkan salam
|
|||
2
|
Mengaitkan materi
pembelajaran yang akan dipelajari dengan pengalaman peserta
didik atau materi pembelajaran sebelumnya.
|
|||
3
|
Mengajukan
pertanyaan menantang untuk membangkitkan memotivasi siswa
|
|||
4
|
Menyampaikan
manfaat materi yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari
|
|||
5
|
Mendemonstrasikan
sesuatu yang berkaitan dengan materi pembelajaran
|
|||
Penyampaian
kompetensi dan rencana kegiatan/pembelajaran
|
||||
1
|
Menyampaikan
kemampuan yang diharapkan dapat dicapai peserta didik
|
|||
2
|
Menyampaikan
rencana kegiatan misalnya, pembelajaran individual, kerja kelompok, dan melakukan
observasi.
|
|||
Kegiatan Inti
|
||||
Penguasaan
materi pembelajaran
|
||||
1
|
Kemampuan
menyesuaikan materi pembelajaran dengan tujuan.
|
|||
2
|
Kemampuan mengkaitkan materi
dengan pengetahuan yang relevan, keterkaitan dengan perkembangan IPTEK , dan kehidupan
nyata.
|
|||
3
|
Menyajikan
pembahasan materi pembelajaran secara tepat.
|
|||
4
|
Menyajikan materi dengan sistematis (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
|
|||
Penerapan strategi pembelajaran
yang mendidik
|
||||
1
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran
|
|||
2
|
Melaksanakan
pembelajaran secara runtut, tidak meloncat-loncat
|
|||
3
|
Menguasai kelas dengan baik
|
|||
4
|
Melaksanakan
pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam
mengajukan pertanyaan-pertanyaan
|
|||
5
|
Melaksanakan
pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam
mengemukakan pendapat/ide
|
|||
6
|
Melaksanakan
pembelajaran yang mengembangkan
ketrampilan yang sesuai dengan materi ajar
|
|||
7
|
Melaksanakan
pembelajaran yang kontekstual
|
|||
8
|
Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan dan sikap yang positif
(nurturant effect)
|
|||
9
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang telah direncanakan
|
|||
Penerapan
model pembelajaran kooperatif Tipe STAD
|
||||
1
|
Guru membentuk
kelompok yang heterogen dengan anggota 4 atau 5 orang
|
|||
2
|
Guru
menyajikan pelajaran
|
|||
3
|
Guru memberi
tugas kepada kelompok.
Anggotanya yang sudah mengerti dapat menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua
anggota dalam kelompok itu menguasai materi pelajaran
|
|||
4
|
Guru
memberi kuis/pertanyaan (tugas individu) kepada seluruh siswa.
|
|||
5
|
Guru memberikan
penghargaan kelompok.
|
|||
6
|
Guru melaksanakan kegiatan penutup.
|
|||
Pemanfaatan
sumber belajar/media dalam pembelajaran
|
||||
1
|
Menunjukkan
keterampilan dalam penggunaan sumber belajar yang beragam/bervariasi
|
|||
2
|
Menunjukkan
keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran yang sesuai
|
|||
3
|
Melibatkan
peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran
|
|||
4
|
Melibatkan
peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran
|
|||
5
|
Menghasilkan
pesan yang menarik
|
|||
Pelaksanaan
Penilaian Autentik
|
||||
1
|
Melaksanakan penilaian sikap pada peserta didik
|
|||
2
|
Melaksanakan penilaian pengetahuan
|
|||
3
|
Melaksanakan
Penilaian ketrampilan
|
|||
4
|
Menggunakan teknik
dan instrumen yang sesuai dengan indikator pencapaian
kompetensi
|
|||
5
|
Ada kesesuaian
antara bentuk dan teknik instrumen penilaian autentik.
|
|||
6
|
Ketersediaan
pedoman penskoran/penilaian
|
|||
Pelibatan
peserta didik dalam pembelajaran
|
||||
1
|
Memfasilitasi timbulnya interaksi guru, peserta didik, sumber belajar untuk menumbuhkan
partisipasi aktif peserta didik
|
|||
2
|
Memberikan respon
positif atas partisipasi peserta didik
|
|||
3
|
Menunjukkan sikap yang terbuka terhadap respon peserta didik
|
|||
4
|
Menunjukkan
hubungan antar pribadi yang baik dan kondusif
|
|||
5
|
Menumbuhkan
keceriaan dan antusiasme peserta didik dalam belajar
|
|||
Penggunaan
bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
|
||||
1
|
Menggunakan
bahasa lisan secara jelas dan lancar
|
|||
2
|
Menggunakan
bahasa tulis yang baik dan benar
|
|||
Kegiatan Penutup
|
||||
Penutup
pembelajaran
|
||||
1
|
Menfasilitasi dan
membimbing peserta didik untuk
merangkum materi
pelajaran
|
|||
2
|
Menfasilitasi
dan membimbing peserta didik untuk merefleksi proses dan materi pelajaran
|
|||
3
|
Memberikan tes
lisan atau tulisan
|
|||
4
|
Mengumpulkan
hasil kerja sebagai bahan portofolio
|
|||
5
|
Melaksanakan
tindak lanjut dengan memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
|
|||
JUMLAH
|
Pedoman penskoran:
Prosentase
Aspek yang Terpenuhi (%)
|
Kategori
|
< 70
|
Kurang
|
71-80
|
Cukup
|
81-90
|
Baik
|
91-100
|
Amat
baik
|
Sangat membantu sekali...trima kasih.
ReplyDelete