Model Pembelajaran Kooperatif
Pembelajaran kooperatif
merupakan model pembelajaran yang mengutamakan kerjasama diantara siswa dalam
rangka mencapai tujuan pembelajaran.
Ciri pembelajaran Kooperatif
Pembelajaran kooperatif memiliki
ciri-ciri sebagai berikut:
- • untuk menuntaskan materi belajarnya, siswa belajar dengan bekerja sama dalam kelompok
- • kelompok dibentuk dari siswa yang memiliki kemampuan bervariasi, tinggi, sedang dan rendah
- • diupayakan agar tiap kelompok terdapat keheterogenan, teriutama jika dalam kelas terdapat siswa-siswa yang heterogen ras, suku, budaya, dan jenis kelamin, maka hendaknya keheterogenan tersebut terwakili pada tiap kelompok.
- • penghargaan lebih diutamakan lebih pada kerja kelompok daripada kinerja perorangan.
Tujuan Pembelajaran Kooperatif
• Pada ranah pengetahuan
tujuan pembelajaran kooperatif adalah untuk meningkatkan kinerja siswa dalam
tugas-tugas akademik. Pembelajaran kooperatif dianggap unggul dalam membantu
siswa memahami konsep-konsep yang sulit.
•
Pada ranah afektif, melalui
pembelajaran kooperatif siswa diharapkan memiliki penerimaan terhadap keragaman,
yakni agar siswa menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai latar belakang
yang bebeda.
•
Ranah ketrampilan yang
menjadi tujuan pembelajaran kooperatif terutama adalah pengembangan
keterampilan sosial, yakni untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa
diantaranya melalui kegiatan berbagi tugas, aktif bertanya jawab, menghargai
pendapat orang lain, memancing temannya untuk bertanya, mau mengungkapkan ide
atau gagasan, juga ketrampilan bekerja dalam kelompok.
Sintaks Model Pembelajaran Kooperatif
Fase
|
Indikator
|
Kegiatan
Guru
|
Fase ke-1
|
Menyampaikan tujuan dan memberi motivasi
siswa
|
Guru menyampaikan
tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran, menekankan pentingnya topik,
dan memotivasi siswa belajar.
|
Fase ke-2
|
Menyajikan informasi
|
Guru menyajikan
informasi atau materi kepada siswa dengan jalan demonstrasi atau melalui
bahan bacaan
|
Fase ke-3
|
Mengorganisasikan siswa ke dalam
sejumlah kelompok belajar
|
Guru menjelaskan pada
siswa bagaimana cara membentuk kelompok dan membimbing tiap kelompok agar
melakukan transisi secara efektif dan efisien.
|
Fase ke-4
|
Membimbing kelompok
bekerja dan belajar
|
Guru membimbing
kelompok-kelompok belajar pada saat siswa mengerjakan tugas.
|
Fase ke-5
|
Evaluasi
|
Guru mengevaluasi
hasil kerja siswa tentang materi yang telah dipelajari. Siswa atau
masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya .
|
Fase ke-6
|
Memberikan
penghargaan
|
Guru berupaya untuk menghargai upaya atau hasil belajar individu maupun kelompok
|
Comments
Post a Comment