Pendekatan Ekspositori
Pendekatan ekspositori ialah suatu pendekatan pembelajaran yang bersifat teacher centered, dan peserta didik cenderung bersifat pasif, hanya menerima materi dari guru. Pendekatan ini umumnya didominasi dengan penggunaan metode ceramah. Pendekatan
Ekspositori dapat dipertimbangkan untuk
menyampaikan bahan belajar yang
bersifat informatif yakni mengandung banyak konsep dan prinsip dasar yang perlu difahami peserta
didik secara pasti. Pendekatan ini juga cocok digunakan apabila jumlah peserta didik dalam kegiatan
belajar relatif banyak.
Pendekatan
Ekspositori lebih menekankan pada penyampaian informasi yang disampaikan
sumber belajar kepada peserta didik,
karenanya pendekatan ekspositori juga dikatakan sebagai pendekatan pembelajaran yang cenderung berpusat pada sumber belajar.
Beberapa ciri pendekatan
ekspositori adalah sebagai berikut:
1. adanya dominasi sumber
belajar dalam kegiatan pembelajaran;
2. bahan ajar terdiri dari
konsep-konsep dasar atau materi yang bersifat
baru bagi peserta didik;
3. materi cenderung bersifat
informatif;
4. sarana pembelajaran terbatas.
Langkah-langkah penggunaan pendekatan Ekspositori adalah:
1. Sumber belajar menyampaikan informasi mengenai konsep, prinsip-prinsip dasar serta contoh-contoh kongkritnya. Pada langkah ini sumber belajar dapat menggunakan berbagai metode yang dianggap tepat untuk menyampaikan informasi
2. Pengambilan kesimpulan dari keseluruhan pembahasan baik dilakukan oleh sumber belajar atau oleh peserta didik atau dilakukan bersama antara sumber belajar dengan peserta didik
Keuntungan dari
penggunaan pendekatan Ekspositori ialah guru
sebagai sumber belajar dapat
menyampaikan bahan belajar sampai tuntas sesuai dengan rencana yang sudah
ditentukan, bahan belajar yang diperoleh peserta didiknya sifatnya seragam yakni
diperoleh dari satu sumber, melatih peserta didik untuk menangkap, manafsirkan
materi yang disampaikan oleh sumber belajar, target materi pembelajaran yang
perlu disampaikan mudah tercapai, dapat diikuti oleh peserta didik dalam jumlah
relatif banyak.
Meskipun memiliki kelebihan, metode
ekspositori juga memiliki kelemahannya
yakni pembelajaran terlalu berpusat kepada guru hingga terjadi pendominasian yang
mengakibatkan terhambatnya kreatifitas peserta didik. Kelemahan lain yakni sulit
mengetahui taraf pemahaman peserta didik mengenai materi yang sudah diberikan,
karena dalam hal ini tidak ada kegiatan umpan balik.
Untuk mengatasi
kelemahan-kelemahan tersebut, harus ada usaha lebih
dari guru dalam
penggunaan metode yang digunakan, yakni
setelah penyampaian informasi dianggap
selesai harus ada tindak lanjut, yakni
dengan menggunakan variasi metode yang sekiranya memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk mengemukakan gagasan atau permasalahan yang berkaitan dengan materi yang sudah disampaikankan.
Comments
Post a Comment