Pembelajaran Efektif

Pedagogi adalah pendekatan sistematis untuk menciptakan sebuah proses pendidikan yang akan mengarah pada transfer pengetahuan- penggunaan kembali sesuai pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh dalam satu pengaturan untuk berbagai situasi baru belajar. Pedagogi efektif meliputi elemen konten dan strategi untuk menyajikan konten yang; bagaimana unsur-unsur dirakit untuk membangun perancah untuk belajar berdasarkan prinsip-prinsip psikologi kognitif, dan akhirnya bagaimana untuk mengevaluasi apakah proses yang bekerja sebagaimana dimaksud dan mengarah ke peningkatan pembelajaran. Adalah tradisi lama, situasi pembelajaran dimana materi "disampaikan" di kelas, dari seorang ahli yang berdiri di podium di depan ruangan sementara siswa mencoba untuk mencatat segala sesuatu yang penting. Tapi teknologi instruksional saat ini, ditambah dengan temuan penelitian kognitif menuntut adanya transformasi pengajaran dan pembelajaran.

Salah satu gerakan yang paling kuat di dunia pendidikan saat ini adalah menuju "berpusat pada peserta didik" atau "belajar aktif". pembelajaran aktif membutuhkan pergeseran dari hanya "memberikan instruksi" kepada menetapkan kondisi untuk proses keterlibatan, aplikasi, sintesis dan pemahaman otentik. Belajar aktif adalah pendekatan yang berpusat siswa di mana tanggung jawab untuk belajar ditempatkan pada siswa, sering bekerja sama dengan teman sekelas. Guru dalam pembelajaran aktif adalah fasilitator dan bukan hanya penyedia informasi. Penyajian fakta-fakta, dilakukan melalui pembelajaran langsung, yang memanfaatkan persaingan, mendukung diskusi kelas, pemecahan masalah, pembelajaran kooperatif, dan latihan menulis (dinilai dan ditingkatkan mutunya). Contoh lain dari teknik pembelajaran aktif termasuk role-playing, studi kasus, proyek kelompok, berpikir-pair-share, tutor sebaya, perdebatan, Pengajaran Just-in-Time , dan demonstrasi singkat diikuti dengan diskusi kelas.

Ada dua cara mudah untuk melaksanakan pembelajaran aktif adalah melalui diskusi. Metode pertama adalah format kuliah Mini di mana instruktur berbicara sepuluh sampai dua puluh menit tentang topik tertentu dan kemudian berhenti bagi siswa untuk mengkonsolidasikan catatan mereka, mencari celah, dan bekerja dengan teman sekelas untuk mengisi kesenjangan. Teknik kedua adalah pembelajaran mendengarkan aktif di mana siswa hanya mendengarkan ceramah tanpa menulis catatan dan kemudian, setelah sepuluh sampai dua puluh menit, siswa bekerja dengan kelompok teman sekelas atau kecil untuk mengingat, mengklarifikasi, dan menguraikan isi kuliah ini.

Di bagian bawah, klik pada link untuk menemukan contoh strategi pembelajaran aktif yang dijelaskan di SERC ini Teach situs web bumi.

Contoh Aktif Belajar Teknik
Think Pair Share: siswa merenungkan jawaban atas pertanyaan dan kemudian berbagi pikiran mereka dengan tetangga.
Role Playing: "setiap siswa mengambil peran seseorang terkena masalah ilmu bumi, seperti gunung berapi atau danau tercemar dan mempelajari dampak dari isu-isu ilmu bumi pada kehidupan manusia dan / atau efek dari aktivitas manusia di dunia sekitar kita dari perspektif orang itu. "
Menemukan Batas Lempeng (info lebih lanjut): ini adalah metode diskusi kelompok yang mempekerjakan banyak aspek pembelajaran kooperatif. Dalam contoh yang dikutip di sini, siswa menggunakan teknik "Jigsaw" untuk mempelajari lebih lanjut tentang lempeng tektonik. Untuk diskusi yang lebih umum pembelajaran kooperatif melihat modul Pembelajaran Kooperatif.
Peer Review: siswa ulasan dan komentar pada bahan yang ditulis oleh teman sekelas mereka.
Diskusi: mempromosikan diskusi yang sukses tergantung pada pertanyaan dengan benar framing. Temukan tips untuk membingkai pertanyaan diskusi untuk mempromosikan pemikiran tingkat tinggi.
Role Playing: siswa melihat topik dari perspektif karakter, yang akan mempengaruhi dan dipengaruhi oleh topik yang dipilih.
Pemecahan masalah menggunakan data real: siswa menggunakan berbagai data untuk mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan ilmiah.
Hanya dalam waktu Pengajaran: siswa membaca ditugaskan materi di luar kelas, menanggapi pertanyaan singkat secara online, kemudian berpartisipasi dalam latihan kolaboratif periode kelas berikut.
Game Pembelajaran Berbasis: menggunakan latihan kompetitif, baik mengadu siswa terhadap satu sama simulasi komputer lain atau melalui.

Comments

Popular posts from this blog

Model-model Penelitian Tindakan Kelas

Meningkatkan Pengajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas

Contoh Lembar Observasi PTK dengan Pembelajaran STAD